Bahaya Merokok

Rabu, 20 Februari 2013

BAHAYA MEROKOK

Merokok  adalah kebiasaan yang buruk bagi kesehatan.banyak penyakit akibat rokok yang merupakan penyebab kematian,seperti emfisema ,bronkitis kronis ,jantung ,pendarahan otak ,kanker paru-paru,kanker laring,kanker kerongkongan,kanker pankreas, kanker mulut,dan kanker ginjal.
Rokokmengandung jutaan partikel karbon yang merupakan racun bersifat karsinogenik (penyebab kanker). nitrogen oksida dan sulfur dioksida yang ada di dalamnya akan mengurangi kelestarian jaringan paru-paru. akibatnya alveolus sebagai tempat pertukaran udara menjadi rusak.
 
Rokok bukan hanya berbakaya bagi si perokok,tapi juga bagi orang yang tidak merokok yang menghirup asap rokok (perokok pasif). penelitian penunjukkan bahwa anak-anak yang orang tuanya merokok lebih beresiko menderita bronkitis, pneumonia,infeksi telinga,batuk,dan mengalami penurunan kapasitas paru-paru.

Hampir setiap orang yang merokok  telah tahu bahaya merokok,tapi tidak dapat menghentikannya.hal tersebut karena di dalam rokok terdapat zat yang memengaruhi orang untukterus merokok  (candu). karena itu,sekali mencoba  untuk merokok,maka akan sulit untuk menghentikannya.jadi,jauhilah rokok. jangan pernah mencoba-coba untuk merokok.sayangilah diri dan orang-orang di sekitarmu.   

0 komentar:

Posting Komentar