Rangkuman TIK Bab 3

Rabu, 28 November 2012


 
Rangkuman Materi TIK Bab 3

      1). Bagaimana tata cara menyambungkan computer ke Internet ?

A.      Internet Service Provider ( Penyedia Layanan Internet)
Agar dapat melakukan akses internet, harus terdaftar dan melakukan koneksi melalui penyedia layanan Internet. Penyedia layanan Internet dapat dibedakan berdasarkan tingkat layanannya sebagai berikut.
1.       Internet Network Provider (INP), yaitu penyedia layanan jaringan menuju ke Global Internet.
2.       Internet Service Provider (ISP), yaitu sebuah perusahaan yang memberikan akses Internet secara individu atau untuk perusahaan dan berbagai macam layanan lain yang berhubungan dengan internet, seperti website dan virtual hosting.
3.       Internet Content Provider (ICP), yaitu penyedia layanan jasa dalam pembuatan halaman web, penyajian informasi ke portal bahkan membuat situs web.

Layanan yang diberikan ISP untuk terhubung ke Internet ada berbagai cara.
·            Dial-up (Saluran Telepon Rumah)
Ini adalah cara termudah. Kita harus memiliki modem yang terpasang di computer dan dihubungkan dengan saluran telepon serta telah mendaftar ke ISP.
     ·          Teknologi ADSL
 ADSL ( Asymetric Digital Subscriber Line) adalah teknologi yang memungkinkan saluran telepon biasa digunakan untuk melewatkan sinyal digital dengan kecepatan tinggi untuk mengirimkan data.
      ·           Wireless
 Wireless atau dikenal dengan Wi-Fi (Wireless Fidelity) adalah teknologi jaringan tanpa kabel      yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi.

      B.      Pemasangan Modem
Peng-install-an modem dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan menggunakan fasilitas “Add Hardware” dan melalui “Phone and Modem Options” yang ada di Control Panel. Berikut cara peng-install-an modem dengan menggunakan fasilitas Add Hardware.
      a.       Pasang modem pada motherboard computer dengan benar (untuk modem internal)
      b.      Driver modem di-install dengan cara mengaktifkan Conrol Panel melalui langkah klik Start – Setting – Control Panel
      c.       Aktifkan menu Add Hardware  
      d.      Tekan tombol Next sehingga computer akan mencari apakah ada hardware baru atau tidak.
      e.      Tekan Finish  untuk selesai

            Penyambungan ke Internet Melalui ISP ( Kami mengambil contoh ISP Telkomnet)
Agar dapat melakukan hubungan ke internet, maka kita perlu terlebih dahulu memastikan pemasangan perangkat yang diperlukan, yaitu seperangkat komputer, modem dan jalur telepon atau kalau bagi pembaca yang telah memiliki notebook biasanya sudah include dengan modemnya, jadi notebook anda sudah siap ‘tuk dipakai. Setelah semua perangkat yang diperlukan tersedia, pengguna dapat melakukan koneksi ke ISP tempat pengguna mendaftarkan diri. Sebagi contoh, PT Telkomnet menggunakan koneksi ISP Telkomnet. ISP ini merupakan salah satu ISP yang tidak perlu mengurus pendaftaran karena fasilitas akses internet diberikan kepada tiap pelanggan PT Telkom. 
Untuk membuat koneksi dengan ISP Telkomnet, kita perlu melakukan beberapa tahapan berikut, yaitu :
a. Langkah awal untuk membuat koneksi dengan Telkomnet, yaitu bukalah ‘Network Conection’ yang berada pada Start> Settings>Network Connections.
b. Kemudian pilihlah menu ‘Create a new connections’ pada bagian kiri atas, bila muncul tampilan “New Connection Wizard”maka tekan tombol ‘Next’
c. Kemudian kliklah ‘Connect to the Internet’, lalu tekan tombol ‘Next’
d. Selanjutnya kliklah ‘Set up my connection manually’ lalu tekan tombol ‘Next’
e. Kliklah ‘Connect using a dial-up modem’ lalu tekan tombol ‘Next’
f. Tuliskan nama ISP yang akan dihubungi, misalnya “Telkomnet”. Kemudian tekanlah tombol “Next’
g. Selanjutnya isikan nomor telepon ISP Telkomnet, yaitu 080989999. Kemudian tekanlah tombol ‘Next’
h. Langkah berikutnya adalah mengisikan user name dan password untuk Telkomnet, user name-nya adalah telkomnet@instan dan pasword-nya telkom. Selanjutnya tekanlah tombol ‘Next’
i. Tekan tombol ‘Finish’ untuk mengakhiri pembangunan koneksi ke ISP, maka akan muncul tampilan ‘dial-up’ berupa tampilan “Connect Telkomnet”
j. Untuk melakukan koneksi ke Telkomnet, tekanlah tombol ‘Dial’. Kemudian muncullah tampilan yang menunjukkan komputer sedang membangun koneksi dengan Telkomnet yaitu ditandai dengan tulisan “Connecting Telkomnet…..”
k. Setelah pembangunan koneksi berhasil, maka akan muncul pesan “Telkomnet is now connected” yang menunjukkan bahwa kita telah terhubung dengan Telkomnet. Selanjutnya kita dapat nge-net sepuas-puasnya tapi musti ingat pulsa friend, meskipun cuma pulsa lokal… Soalnya ni gak gratis bosss.
l. Untuk memutuskan hubungan dari Telkomnet, klik kanan mouse pada koneksi jaringan. Kemudian pilihlah menu ‘Disconnect’.

0 komentar:

Posting Komentar